•  
  • Educ@tion The Best You Can Be
Sabtu, 11 Juni 2016 - 17:16:41 WIB
Hari Bumi Di Sekolah Kami 2016
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Aktifitas Siswa - Dibaca: 357 kali

Terimakasih facebook sdh mengingatkan kalau hari ini adalah hari bumi.
Naghrisu liman ba dana
Alam adalah bagian dr pesantren kita, barongan dan sumur tua, adalah saksi sejarah sblm pesantren ini ada, sblmnya adalah hutan yg lebat,alang alang tumbuh tinggi, tdk seorangpun manusia yg berani mendatanginya. walaupun sbnrnya hutan kecil ini dulunya adalah desa dgn bukti adanya 2 sumur tua yg baru kt temukan bbrp tahun lalu menandakan adanya kehidupan.
Pesantren jg memiliki kolam ikan berisi lele sebesar lengan saya dan burung dara yg jumlahnya hampir seratus, yg tiap pg dan sore mnt jatah makan dpn rumah ndalem(1 mnggu hbs 25kg jagung).
Di pesantren, jg ada santri  yg datang dan pergi, sampai mereka jg berkeluarga dan punya anak banyak, mngkn kl ijtima bs mencapai 30 kucing yg tersebar si berbagai penjuru pesantren. dan mereka adalah bagian dari keluarga kt.
Masalah Sampah
ini cukup rumit, jumlah santri 1000 lbh pastinya menghasilkan sampah yg bnyk jg, tp kt berusaha untuk menguranginya,
bank sampah yg kt sebar di area penting pesantren dan tiap hari rabu anak anak wajib mengumpulkan 1 botol plastik. membuat pupuk kompos dgn cara membuat lubang besar dan sampah daun daunan kt masukkan lalu kita timbun. (ini cara paling cpt untuk membuat kompos). kt buat tungku pembakaran dgn menggunakan elemen sehingga sampah yg tdk bs kt daur ulang, bs hbs dlm sekejap (walaupun blm ramah lingkungan, tp ini solusi terbaik untuk saat ini.
Kita tdk memberikan plstik ketika santri berbelanja di koperasi dan kantin,tp kt wajibkan beli tas khusus belanja dan ini sdh berjalan hmpir satu tahun lamanya.
Sampah baju dan sandal gmn? bnayk baju dan sandal yg teronggok sia sia, kt cuci semampu kt, kita lelang kl tdk ad yg ambil kt hibahkan, sandal jg sprti itu.
"Pepohonan dan Taman"
tdk boleh ada bangunan yg tdk disertai dgn penanaman, wajib hukumnya untuk menanam di setiap sudut pesantren ini. tdk boleh memaku pohon hanya untuk memasang tulisan, banner atau pot tanaman, smua pake kawat atau tali, kt jg menanam berbagai pohon yg ada buahnya, jambu air, jambu merah, jambu klutuk, gayam, jeruk, pisang, mangga, alpukat, sawo, sawo kecik, pepaya, buah tin, dan rempah rempah, jahe, lengkuas, kunir dll. berbagai jenis tanaman dan pohon hias jg ada di pesantren kita, burung burung asing jg bertengger di pohon pohon itu dan bernyanyi indah. harapannya adalah pesantren bs menjadi lab biologi terbuka dan bs menjadi sarana belajar anak anak.
Yah..hanya itu yg bs kami lakukan, terimakasih kpd bapak saya dan bapak kt semua (para alumni pesantren modern al amanah) yg sdh mengawali, memberi contoh hingga saat ini untuk ttp dn slalu peduli dgn lingkungan kita. semoga bs menjadi inspirasi bagi kita semua.
Masih banyak hal yg harus kt lakukan, ingin memiliki panel surya , membuat biogas dr kotoran manusia (maaf), menyadarkan masyarakat sktr pesantren untuk tdk buang sampah di sungai (biasanya pagi hari ktka msh gelap para ibu ibu buang sampah ke sungai) , dan sederet hal lainnya yg hrs kt lakukan.
Jg para santri yg sdh belajar menyapu area pesantren tiap pagi,siang sore dan malam, itu adalah tirakat kt bersama.
hanya itu yg bs kt lakukan untuk bumi, menjaga lingkungan, mencintai makhluk lainnya..
Selamat Hari Bumi

22 April 2016

 

 Hari Bumi Di Sekolah Kami 2016

 

 Hari Bumi Di Sekolah Kami 2016



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)