Info Sekolah
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat Datang Di Madrasah Aliyah Bilingual
17 Desember 2022

Geliat Madrasah di Akhir Pekan; Pelantikan Bantara, Campus Expo, Hingga Harmonisasi Wali Santri

Sabtu, 17 Desember 2022 Kategori : Uncategorized

Geliat Madrasah di Akhir Pekan; Pelantikan Bantara, Campus Expo, Hingga Harmonisasi Wali Santri
Sebagai lembaga pendidikan yang fokus pada kematangan karakter, kreativitas, dan peningkatan spiritualitas, sudah menjadi kewajiban Madrasah untuk menyiapkan ruang seluas-luasnya kepada para santri untuk mengembangkan serta melejitkan potensi mereka melalui program yang telah disiapkan setiap tahun. Seperti yang terlaksana pada hari ini, Sabtu (18 Januari 2020). Ada tiga kegiatan yang kami laksanakan hari ini; Pelantikan Bantara, Campus Expo, dan Harmonisasi Wali Santri Program Tahfidz Entrepreneur.
Sejak pagi, seluruh sudut madrasah dipadati kesibukan yang luar biasa. Nampak seluruh kelas X baik putra maupun putri tengah bergegas menuju lapangan utara untuk mengikuti apel pemberangkatan rombongan kemah dalam rangka pelantikan bantara. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh santri kelas X/1 aliyah sebagai tanda bahwa mereka telah resmi menjadi anggota pramuka. Sebelum mengikuti kegiatan ini, setiap anggota wajib melengkapi SKU (Syarat Kecakapan Umum) sebagai pra syarat mengikuti acara. Pelantikan Bantara sendiri dilaksanakan di area Coban Rondo, Malang yang diikuti 213 santri terdiri atas kelas X, dewan ambalan, dan calon pengurus ambalan.
Lain halnya dengan kegiatan yang diikuti kelas XII/3 aliyah. Sejak awal Januari, mereka mulai masuk dalam program karantina yang tujuannya tidak hanya mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian akhir. Di dalam program ini, para santri diberikan berbagai macam pembekalan mulai dari motivasi, kewirausahaan, serta peningkatan ibadah. Seperti halnya hari ini, para santri kelas akhir mendapat berbagai macam informasi mengenai dunia perkuliahan serta kewirausahaan yang disampaikan oleh para alumni yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun yang membuka wirausaha. Para santri terlihat begitu antusias menyimak paparan yang disampaikan oleh senior mereka yang menceritakan pengalaman serta informasi teknis perkuliahan dan strategi mengawali dunia kerja.
Di sisi lain, juga telah terlaksana kegiatan pertemuan seluruh wali santri program tahfidz entrepreneur. Lebih dari 500 wali santri memenuhi gedung Siti Zahra untuk menyimak paparan evaluasi dan program sanggar tahfidz entrepreneur. Paparan evaluasi dan program disampaikan secara langsung oleh direktur Sanggar Tahfidz Entrepreneur, ustadz H. Fahrizal Ischaq, Lc.,M.Fil.I. Dalam agenda tersebut, ada sesi penyampaian testimoni dari wali santri alumni yang putrinya baru saja menyelesaikan program posting entrepreneur di Bandung. Program posting entrepreneur sendiri merupakan program wajib santri STE untuk mematangkan konsep kewirausahaan yang telah mereka dapatkan di madrasah. Nyatanya, program seperti ini juga dilakukan oleh beberapa lembaga pendidikan di luar negeri yang dikenal dengan sistem Gap Year.
Inilah geliat kami di akhir pekan. Bukankah lembaga pendidikan memang tidak boleh jalan di tempat. Tiap hari harus ada pergerakan dan percepatan guna menyiapkan generasi penerus yang bisa diandalkan dan amanah.

Tulisan Lainnya

Oleh : mabilingual

“SENIN ITU BAHAGIA”

Oleh : mabilingual

Refleksi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Santri Baru
2 bulan yang lalu
Laboratorium Kepemimpinan
5 bulan yang lalu
SKT Academic Tour
5 bulan yang lalu

Info Sekolah

MADRASAH ALIYAH BILINGUAL

NSPN : 20584599
JUNWANGI NO.43 C RT 09 RW 03 KRIAN SIDOARJO
TELEPON 081333171462
EMAIL mabilingualnew@gmail.com
WHATSAPP +62-81333171462