Info Sekolah
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat Datang Di Madrasah Aliyah Bilingual
17 Desember 2022

Bukan Sekedar Ujian

Sabtu, 17 Desember 2022 Kategori : Uncategorized

“Bukan Sekedar Ujian”
Musim ujian telah datang. Santri kelas akhir tengah disibukkan dengan berbagai macam persiapan, mulai dari karantina hingga rentetan jadwal kegiatan ujian lain.
Mengawali rangkaian ujian tersebut adalah ujian praktek. Kali ini, yang akan kami beberkan adalah proses pelaksanaan dan penilaian ujian praktek Bahasa Inggris.
Sebetulnya tidak ada perbedaan ujian yang kami laksanakan dengan ujian praktek di madrasah/sekolah pada umumnya. Hanya di Madrasah kami Alhamdulillah berada dalam naungan Pesantren Modern Al Amanah yang memiliki 3 lembaga (SD, SMP, dan Aliyah). Jadi, kami berikan sentuhan sedikit berbeda dalam ujian praktek tersebut.
MENU UJIAN
Yang diujikan dalam praktek Bahasa Inggris adalah kemampuan berbicara. Para santri diminta menyajikan secara lisan materi “dongeng, mendeskripsikan sesuatu, pidato, cara membuat sesuatu”. Teks disusun oleh santri untuk kemudian disampaikan di depan adik kelas mereka.
PROSES PENILAIAN
Penilaian yang kami lakukan juga sebetulnya tidak jauh berbeda. Dinilai oleh guru yang mengajar. Namun, kali ini kami juga melibatkan guru lain di lembaga SD dan SMP, serta peserta didik SMP. Jadi, nilai penampilan diberikan oleh audience.
KESERIUSAN dalam KESERUAN
Misi yang diemban oleh kelas akhir dalam ujian praktek ini adalah bagaimana membuat lawan bicara paham dan tertarik tentang apa yang mereka sampaikan dalam bahasa Inggris. Ada cerita unik ketika ada seorang santri putra bertanya, “how to deliver this(story telling) to elementary students ustadzah. They Will not understand”. Kemudian, guru pengajar memberikan arahan bahwa justru letak kreativitas ada di situ, bagaimana caranya membuat pembelajaran asyik. Walhasil, beberapa santri di yang kebagian tugas di SD pun berjibaku menyusun “strategi perang”, perang melawan rasa canggung. Mereka mulai berlatih di depan cermin, di depan teman sebaya dan saling bertukar pendapat.
Ketika menyampaikan cerita di depan anak SD, bisa ditebak keseruannya. Adik-adik mereka antusias bertanya dan menjawab maksud cerita yang disampaikan. Dan ternyata ada DOOR PRIZE yang disiapkan para santri Aliyah untuk santri SD. SUBHANALLAH indah sekali.
Tidak ada hal yang membahagiakan bagi seorang guru (orang tua di madrasah) melainkan melihat santrinya tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, tanggap, dan kreatif.
Terimakasih untuk kepala sekolah SD Antawirya, kepala SMP Bilingual Terpadu, serta guru-guru yang turut membantu. Salam dedikasi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Santri Baru
2 bulan yang lalu
Laboratorium Kepemimpinan
5 bulan yang lalu
SKT Academic Tour
5 bulan yang lalu

Info Sekolah

MADRASAH ALIYAH BILINGUAL

NSPN : 20584599
JUNWANGI NO.43 C RT 09 RW 03 KRIAN SIDOARJO
TELEPON 081333171462
EMAIL mabilingualnew@gmail.com
WHATSAPP +62-81333171462