Info Sekolah
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat Datang Di Madrasah Aliyah Bilingual
17 Desember 2022

MAB ‘MENYAPA’ AL-HIKMAH SURABAYA

Sabtu, 17 Desember 2022 Kategori : Uncategorized

MAB ‘MENYAPA’ AL-HIKMAH SURABAYA
18 Februari 2015 di Madrasah Aliyah Bilingual
Ada yang berbeda dengan para staff Asatidz dan Ustadzat MAB serta segenap bagian inti DENSOS pada RABU (18/02) kemarin. Wajah-wajah mereka terlihat lebih cerah daripada biasanya. Begitupula dengan Kepala Sekolah kami, Ustadzah Zanuba al-Fareni, Lc yang akan memimpin perjalanan studi banding ke SMA AL-HIKMAH hari itu. Bagaimana tidak, kami akan mengunjungi slah satu sekolah islam elit di Surabaya yang notabene merupakan pelopor sekolah full-day system itu. Dan sistem KBM di MAB juga merupakan sistem full-day school.
Menilik jejak perjalanan SMA AL-HIKMAH yang telah meraih banyak prestasi diberbagai bidang hingga taraf nasional, maka para staf MAB ingin mengetahui hidden curriculum yang mereka gunakan sehingga menghasilkan generasi yang membanggakan. Dengan disambut oleh wakil kepala sekolah serta kepala kurikulum, kami saling bertukar informasi tentang sekolah masing-masing. Sebelum itu, kami disuguhi sebuah video yang menjelaskan tentang Yayasan AL-HIKMAH secara global. Selanjutnya Bapak Mustafa selaku Wakil kepala sekolah yang menjelaskan lebih detail.
Setelah sesi presentasi oleh para staf guru dan OSIS masing-masing sekolah usai, kami diajak berkeliling gedung sekolah yang bersih dan asri. Setiap ruangan memiliki detail yang menarik. Seperti mading kreasi yang tertempel di setiap dinding didepan kelas. Serta kreasi olah kata dan gambar yang dibingkai rapi di tiap-tiap tiang dikoridor. Rupanya para siswa AL-HIKMAH selalu dituntut untuk berkreasi dan berkarya selain memperdalam ilmu akademi mereka.
Dan yang tak boleh ditinggalkan adalah ilmu murabbi dan ilmu agama. Di sekolah ini diwajibkan bagi para siswanya untuk shalat berjamaah. Hukuman berat bagi mereka yang tidak melaksanakannya. Untuk menunjang kerohanian siswa, para walikelas memiliki tugas untuk menghubungi para siswanya ketika waktu tahajjud. Mereka menamakannya dengan Lail Call. Jadi, meskipun tidak di asrama pesantren seperti MAB, para siswa AL-HIKMAH masih terpantau untuk menjalankan shalat tahajjud. Tentunya sistem ini merupakan sistem unik yang menggabungkan antara kesufian dan kemodernan. Menunjukkan bahwa AL-HIKMAH tidak kehabisan akal untuk membuat para siswanya rajin beribadah meski jauh dari pantauan para guru.
Di umurnya yang menginjak satu dekade, AL-HIKMAH telah mampu memberi contoh bagi sekolah islam yang lain untuk meningkatkan sistem yang memperhatikan kegiatan ibadah siswanya baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Selama empat jam yang kami habiskan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di AL-HIKMAH, banyak sekali pelajaran yang kami dapatkan untuk menjadi inspirasi bagi MAB agar menjadi lebih baik dan maju kedepannya. Walaupun MAB juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki AL-HIKMAH maupun sekolah yang lain, namun kenjungan studi banding ke AL-HIKMAH ini membuat kami para staf guru dan DENSOS tidak merasa minder atau malah sombong. Seperti yang dikatakan Bapak Wakil Kepala Sekolah AL-HIKMAH bahwa sekolah kami dan AL-HIKMAH memiliki visi dan tujuan yang sama baiknya, hanya caranya yang berbeda. Out of that, MAB tetep Number One buat kita. Caiyooo MAB! (ADE)imtiyaz.crew

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Santri Baru
2 bulan yang lalu
Laboratorium Kepemimpinan
5 bulan yang lalu
SKT Academic Tour
5 bulan yang lalu

Info Sekolah

MADRASAH ALIYAH BILINGUAL

NSPN : 20584599
JUNWANGI NO.43 C RT 09 RW 03 KRIAN SIDOARJO
TELEPON 081333171462
EMAIL mabilingualnew@gmail.com
WHATSAPP +62-81333171462