Info Sekolah
Senin, 24 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Madrasah Aliyah Bilingual
17 Desember 2022

Madrasahku Punya Cerita 9

Sabtu, 17 Desember 2022 Kategori : Uncategorized

Madrasahku Punya Cerita 9
Proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Bilingual.
Perlu kami singgung kembali bahwa madrasah kami merupakan sekolah perpaduan dua kurikulum yakni kurikulum pemerintah (umum) dan kepondokan (agama). Pada kurikulum 2013, pembelajaran berpusat pada siswa. Tidak lagi berpusat pada guru, guru berperan sebagai fasilitator di kelas. Banyak model pembelajaran yang dapat kita pakai dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, salah satunya dengan pembelajaran kooperatif.
Pembelajaran kooperatif diantaranya adalah pembelajaran kooperatif model jigsaw. Dalam kesempatan ini akan kami bahas sekilas tentang peroses pembelajaran di Madrasah kami yang salah satunya memanfaatkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw.
Model pemebelajaran kooperatif model jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
Dalam model pembelajaran jigsaw ini siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengemukanakan pendapat, dan mengelolah imformasi yang didapat dan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasii, anggota kelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan bagian materi yang dipelajari, dan dapat menyampaikan kepada kelompoknya ( Rusman, 2008.203).
Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Menurut Rusman (2008 : 205) model pembelajaran jigsaw ini dikenal juga dengan kooperatif para ahli. Karena anggota setiap kelompok dihadapkan pada permasalahan yang berbeda.
Namun, permasalahan yang dihadapi setiap kelompok sama, kita sebut sebagai team ahli yang bertugas membahas permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya, hasil pembahasan itu di bawah kekelompok asal dan disampaikan pada anggota kelompoknya.
Kegiatan yang dilakukan pada model pembelajaran kooperatif Jigsaw sebagai berikut:

  1. Melakukan mambaca untuk menggali informasi. Siswa memeperoleh topik – topik permasalahan untuk di baca sehingga mendapatkan imformasi dari permasalahan tersebut.
  2. Diskusi kelompok ahli. Siswa yang telah mendapatka topik permasalahan yang sama bertemu dalam satu kelompok atau kita sebut dengan kelompok ahli untuk membicaran topik permasalahan tersebut.
  3. Laporan kelompok, kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan menjelaskan dari hasil yang didapat dari diskusi tim ahli.
  4. Kuis dilakukan mencakup semua topik permasalahan yang dibicarakan tadi.
  5. Perhitungan sekor kelompok dan menetukan penghargaan kelompok.
    Sedangkan menurut Stepen, Sikes and Snapp (1978 ) yang dikutip Rusman (2008), mengemukakan
    langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw sebagai berikut:
  6. Siswa dikelompokan sebanyak 1 sampai dengan 5 orang sisiwa.
  7. Tiap orang dalam team diberi bagian materi berbeda
  8. Tiap orang dalam team diberi bagian materi yang ditugaskan
  9. Anggota dari team yang berbeda yang telah mempelajari bagian sub bagian yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusiksn sub bab mereka.
  10. Setelah selesai diskusi sebagai tem ahli tiap anggota kembali kedalam kelompok asli dan bergantian mengajar teman satu tem mereka tentang sub bab yang mereka kusai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan seksama.
  11. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
  12. Guru memberi evaluasi.
  13. Penutup
    Demikianlah pembalajarn kooperatif model jigsaw yang kami terapkan di madrasah kami.Semua sekolah pasti punya cerita, dan ini cerita tentang sekolahku.

Tulisan Lainnya

Oleh : mabilingual

Menjadi Diri Sendiri

Oleh : mabilingual

Our Q-Time

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Santri Baru
4 bulan yang lalu
Laboratorium Kepemimpinan
7 bulan yang lalu
SKT Academic Tour
8 bulan yang lalu

Info Sekolah

MADRASAH ALIYAH BILINGUAL

NSPN : 20584599
JUNWANGI NO.43 C RT 09 RW 03 KRIAN SIDOARJO
TELEPON 081333171462
EMAIL mabilingualnew@gmail.com
WHATSAPP +62-81333171462