Info Sekolah
Senin, 24 Jun 2024
  • Selamat Datang Di Madrasah Aliyah Bilingual
17 Desember 2022

ETIKA SANTRI

Sabtu, 17 Desember 2022 Kategori : Uncategorized

“ETIKA SANTRI “
(Review Buku)
Identitas buku
Judul : Etika Santri
Penulis : Laili Abidah, S.Pd
Editor : H. Fahrizal Ischaq, Lc.,M.Fil.I
Penerbit : Al Amanah Press
Tahun terbit : 2018
Kategori : Panduan
Text Bahasa : Bahasa Indonesia
Dikisahkan dalam sebuah hikayat yang tertulis di kitab “Akhlaq Lil Banin Jilid 1” tentang seorang ayah dan putranya yang sedang berjalan-jalan di kebun. Si anak memperhatikan sekeliling kebun dengan penuh ketakjuban, hingga dia berhenti di depan tanaman yang cantik bunganya tetapi bengkok batangnya. Kemudian, anak tersebut berkata, “wahai ayahbetapa indahnya pohon ini, akan tetapi mengapa ia bengkok wahai ayah?”. Sang ayah menjawab,”Karena tukang kebun tidak memperhatikan serta tidak meluruskannya semenjak dari kecilnya, maka jadilah ia bengkok” “lebih baik, kita meluruskannya saja sekarang,” ujar sang anak. Maka, tertawalah sang ayah tersebut dan berkata, “Anakku, tidaklah mudah yang demikian itu, karena ia sudah tumbuh besar dan ranting-rantingnya pun tebal”. Seperti itulah gambaran anak yang tidak beradab dari kecilnya, tidak mungkin ia beradab pada waktu ia telah besar.
Ya, akhlaq mulia merupakan salah satu nilai luhur. Nilai luhur perlu ditanamkan sejak dini dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya pengarahan tentang akhlaq mulia menjadi faktor utama penyebab generasi muda tidak menerapkan akhlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh sederhana, sering kita jumpai perilaku anak-anak yang makan dan atau minum sambil berdiri; berbicara dengan suara yang keras dan bahasa yang kasar; dan lain sebagainya.
Memang sulit menyadari bahwa kita tidak menerapkan akhlaq mulia. Namun, orang yang ada di sekitar kita merasakan dan menilai bahwa kita tidak memiliki perilaku yang baik. Hal ini juga menyebabkan hidup kita menjadi tidak nyaman dan damai. Karena setiap orang yang telah kita perlakukan tidak baik akan menghindar dari kita.
Oleh karena itu, pendidikan akhlaq sangat perlu diberikan sejak dini oleh semua pihak, dalam hal ini adalah orang tua dan guru. Buku ini disusun sebagai salah satu ikhtiar agar para santri memiliki akhlaq yang mulia. Sengaja ditulis dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami dan diterapkan oleh para santri. Buku ini juga memberikan tips atau langkah-langkah dan panduan bagaimana seharusnya santri berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Tentu dalam penyusunan buku ini masih terdapat beberapa kekurangan. Penyusun akan terus berusaha menganalisa dan memperbaikinya untuk penyusunan selanjutnya.

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pos Terbaru

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Santri Baru
4 bulan yang lalu
Laboratorium Kepemimpinan
7 bulan yang lalu
SKT Academic Tour
8 bulan yang lalu

Info Sekolah

MADRASAH ALIYAH BILINGUAL

NSPN : 20584599
JUNWANGI NO.43 C RT 09 RW 03 KRIAN SIDOARJO
TELEPON 081333171462
EMAIL mabilingualnew@gmail.com
WHATSAPP +62-81333171462